stat

1

Go to Blogger .

2

Go to Blogger .

3

Go to Blogger .

4

Go to Blogger.

5

Go to Blogger.

05 November 2015

Tunjangan TASPEN

Bagi anda PNS yang mungkin sudah mau pensiun, atau ingin sekedar mengetahui berapa pesangon kita bila pensiun? maka anda cukup klik logo atau gambar dibawah ini



Setelah menulis NIP, kemudian KLIK login, maka hasilnya seperti dibawah ini, silahkan mencoba

28 Oktober 2015

Latihan Soal UKG online


Mungkin tidak ada salahnya bila anda mencoba latihan soal UKG, paling tidak dapat mengukur persiapan kita, ada beberapa link dibawah ini yang bisa dicoba, gunakan klik kanan new tab, agar bisa memilih mana yang cocok bagi anda..

LINK 1

LINK 2

LINK 3

18 Oktober 2015

Cek SK TPP tri wulan 3-4 Tahun 2015

Yang ditunggu tunggu telah keluar SK pencairannya, klik beberapa Link dibaha ini :
Bila lemot bapak ibu bisa klik new tab beberapa link tersebut


10 Agustus 2015

Download Buku Pegangan Guru PJOK SMP Kelas 9 Kurikulum 2013

Bagi para guru kelas 9 pengajar mapel PJOK tentunya masih belum semuanya memiliki, mengingat belum dikirimnya buku kesekolah masing-masing. Untuk sementara kita bisa membuka lewat file.
Untuk mengunduhnya KLIK DISINI

24 April 2014

TPP Cair Paling Lambat 30 April 2014

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengirimkan surat edaran kepada bupati dan walikota di seluruh Indonesia untuk segera menyalurkan tunjangan profesi guru (TPG) pegawai negeri sipil daerah (PNSD) triwulan I tahun 2014 dan kurang bayar tahun 2010-2013. Para bupati dan walikota diminta menyalurkan TPG tersebut paling lambat tanggal 30 April 2014.

27 Maret 2014

SK TPP Guru Swasta 2014

Bagi para guru swsta SK TPP Triwulan 1 sudah bisa dilihat pada link dibawah ini, pilih link mana yang tidak lemot:



23 September 2013

Cek SK TPP Kita Triwulan 3 Tahun 2013

Setelah memakan konsentrasi entri  data Dapodik sesuai data jam mengajar, kita perlu melihat SK Tunjangan Profesi Pendidik 2013. Nach untuk nge cek nya klik DISINI
Anda tinggal memasukkan no. NUPTK dan password ( YY-MM-DD )



20 September 2013

Cek Kwalitas Data Guru 2013

Setelah melalui perjalanan pendataan yang membuat para guru dibuat pusing, maka sekarang saatnya kita melihat sejauh mana hasil entri kita pada isian dapodik maupun proses NUPTK

31 Mei 2013

Nilai UAN SMP/MTsTerbaik Nasional Tahun 2013

12 siswa peserta Ujian Nasional (UN) SMP/MTS tahun 2013 yang meraih nilai UN murni terbaik nasional.
1. Stella Angelina. Siswi SMP Kasih Karunia Provinsi DKI, Kota Jakarta Barat. Nilai Rata-rata 9.90. Jadi hanya ada satu mapel yang diujikan saja nilainya yang gak sepuluh," kata M Nuh di Kemdikbud, Jumat (31/5).

10 April 2013

Cara Cek Status SK Tunjangan Profesi di P2TK

Untuk melakukan pengecekan apakah SK Tunjangan Profesi (SKTP) sudah cetak apa belum bisa dilakukan di website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar. April 2013 ini tunjangan sertifikasi guru cair. Tunjangan profesi dibayarkan paling banyak 12 (dua belas) bulan dalam satu tahun.

Mulai tahun ini, mekanisme yang digunakan untuk pelaksanaan pembayaran tunjangan profesi dengan cara sistem digital dan manual. Melalui sistem digital, pemberkasan tidak lagi seluruhnya dilakukan secara manual tetapi dilakukan secara online melalui Dapodik.

Cara Ngecek Profil PNS

Halaman ini adalah layanan dari BKN untuk mengetahui Data/Profil PNS.
dengan satu langkah memasukkan NIP Baru.
Data yang dihasilkan adalah :
Nama,Jabatan,NIP,Tanggal Lahir,TMT CPNS,TMT PNS,Golongan Ruang (TMT) Pendidikan Terakhir,Instansi Kerja,Unit Kerja dan Proses Kepegawaian Terakhir.
Contoh hasil Pencarian :


Untuk mulai mencobanya Bapak Ibu silahkan klik disini

05 Juni 2012

PPDB 2012 Kota Malang Beserta Hasilnya

Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) Kota Malang, dijadwalkan pada tanggal 25, 26 dan 27 Juni 2012 adalah lewat proses ONLINE, sedangkan untuk jalur MANDIRI dijadwalkan pada tanggal 30 Juni - 2 Juli 2012. Pilihan : SMP Meliputi SMPN 1 sampai SMPN 26, tingkat  SMA Meliputi SMAN 1 sampai SMAN 10 Berikut hasil PPDB sementara SMP hari senin tanggal 25 juni 2012.


02 Juni 2012

Pengumuman Pelulusan 2012 SMPN 16 Malang

16 Mei 2012

Pengucuran TPP Semakin Molor

Pemerintah Pusat dan Daerah Saling Lempar Alasan
 JAKARTA - Keterlambatan pengucuran tunjangan profesi pendidik (TPP) benar-benar semakin menghawatirkan. Ketentuan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk mencairkan TPP trismester I 2012 paling lambat April lalu ternyata tidak dijalankan. Pemerintah pusat dan daerah saling melempar alasan sendiri-sendiri terkait keterlambatan ini.

10 Mei 2012

Cara Update Avira Antivirus Secara Offline

Untuk memproteksi komputer (PC) dari serangan virus adalah dengan menginstal antivirus. Bila kita menggunakan yg free, misal avira personal, AVG atau yang lainnya, maka kita perlu rajin meng update minimal seminggu sekali. Kadang kita tidak berlangganan internet di rumah, maka kita cara meng update adalah secara offline, kita bisa download di warnet atau di kantor bila ada. Khusus yang menggunakan avira, maka langkah-langkah mengunduh file avira update sbb: 
1. Kita harus lebih dahulu me ngunduh softwarenya (Avira Fusebundle Generator) disini 
2. Hasil download kita instal lebih dahulu, maka akan muncul comand prompt yang menampilkan proses download, kita sabar menunggu karena kisaran 60 Mb.
3.  Jika  file update selesai, maka file tersebut akan tersimpan di folder tempat Avira Fusebundle Generator terinstall di folder /install/. File yang berada di folder install (vdf_fusebundle.zip) ini yang menjadi update file. Kita tinggal simpan di flasdisk dan dirumah bisa untuk meng update, cara updatenya klik tool update dan pilih manual upadte, beres sudah.

02 April 2012

Hasil Try Out Kota ke 3

Berikut hasil akhir program try out kota Malang SMP yang ketiga bagi SMPN 16, setelah ini sdh tdk ada lagi TO Kota, ini hasil akhir bisa dijadikan Ukuran NEM kalian nantinya....

UNDUH DISINI



10 Maret 2012

Latihan Plyometric Tubuh Bagian Bawah

Latihan pliometric pada tubuh bagian bawah dapat digunakan untuk mengembangkan kekuatan dalam setiap olahraga yang melibatkan berlari, melompat, meloncat, melakukan perubahan arah gerakan dengan cepat, menendang dll. Pada latihan ini ada beberapa contoh dari latihan ringan, sedang dan berat


I. Intensitas Rendah
A. Squat Jumps
1. Berdiri kangkang kaki selebar bahu, badan ditekuk ke depan sedikit dengan punggung lurus dalam posisi netral.
2. Lengan harus dalam posisi "siap dengan siku tertekuk sekitar 90 derajat.
3. Turunkan tubuh dimana paha sejajar dengan tanah dan segera gerakan meledak ke atas secara vertikal dan mendorong lengan ke atas.
4. Mendarat di kedua kaki. Beristirahat selama 1-2 detik dan ulangi


B. Melompat Box
1.Berdiri menghadap kotak dengan kaki sedikit lebih lebar dari selebar pinggul.
2.Posisi setengah jongkok dan langsung melompat ke kotak.
3. Kaki harus mendarat lentur di kotak. Langkah kembali ke bawah.


C. Melompat Box Kesamping
1. Berdiri disamping kotak dengan kaki sedikit lebih lebar dari selebar pinggul.
2. Turunkan tubuh ke posisi setengah jongkok dan melompat ke kotak.
3. Kaki harus mendarat lentur di kotak,dan ulangi.


08 Maret 2012

Latihan Plyometric Tubuh Bagian Atas

Bagi kita orang lapangan sudah merupakan menu utama untuk meningkatkan ketrampilan anak asuhnya guna meningkatkan ketrampilan atau pencapaian prestasi olahraganya. Ada beberapa unsur guna mencapai hal di atas, hanya pada tulisan ini kami menulis seputar latihan Plyometric.
Plyometric adalah suatu metode untuk mengembangkan explosive power, yang merupakan komponen penting dalam pencapaian prestasi sebagian besar atlet (Radeliffe and Farentinos, 1985: 1). Plyometric berasal dari kata ”pleythyein” (Yunani) yang berarti untuk meningkatkan, atau dapat pula diartikan dari kata ”Plio” dan ”Metric” yang artinya more and measure, respectively yang artinya penguluran (Chu, 1983; Gambetta, 1981; Wilt&Ecker, 1970) dalam (Radeliffe and Farentinos, 1985: 3). Latihan plyometrics menunjukan karakteristik kekuatan penuh dari kontraksi otot dengan respon yang sangat cepat, beban dinamis (dynamic loading) atau penguluran otot yang sangat rumit (Radeliffe and Farentinos, 1985: 111).

Dalam perkembangannya, dimasa sekarang plyometric telah digunakan berbagai cabang olahraga dan hasilnya cukup nyata. Menurut (Chu: 1992) yang dikutip darh Fauzi (2005: 7) Plyometric mempunyai keuntungan, memanfaatkan gaya dan kecepatan yang dicapai dengan percepatan berat badan melawan gravitasi, hal ini menyebabkan gaya dan kecepatan dalam latihan plyometric merangsang berbagai aktivitas olahraga seperti melompat, berlari dan melempar lebih sering dibanding dengan latihan beban atau dapat dikatan lebih dinamis atau eksplosif.
Dari definisi di atas dapat dikatakan bahwa latihan plyomertic adalah bentuk latihan explosive power dengan karakteristik menggunakan kontraksi otot yang sangat kuat dan cepat, yaitu otot selalu berkontraksi baik saat memanjang (eccentric) maupun saat memendek (concentric) dalam waktu cepat, sehingga selama bekerja otot tidak ada waktu relaksasi.
A. Drill Tubuh Bagian atas
Prestasi olahraga seperti basket, bola voli, softball, baseball, tenis, bulutangkis, golf dan cabang lelpar dalam atletik bisa mendapatkan keuntungan dengan latihan tubuh bagian atas denagn plyometric. Juga, pemain denagn posisi tertentu seperti penjaga gawang dalam sepak bola akan menemukan latihan yang bermanfaat. Sebagian besar tubuh bagian atas plyometric dengan latihan penggunaan medicine ball.
A1. Melempar Bola Atas

1. Berdiri dengan satu kaki di depan dengan lutut sedikit ditekuk.
2. Tarik bola lewat di belakang kepala dan lempar bola ke depan sejauh mungkin ke dinding.
3. Tangkap bola yang memantul dari dinding dan ulangi sesuai dengan pengulangan yang ditentukan. Perlu waktu antara menarik ola kembali dan memulai lemparan (tahap transisi) Juga dapat diselesaikan dengan pasangan teman.

A2. Melempar Bola Samping

1. Berdiri dengan kaki selebar pinggul, tempatkan jaki kiri di depan kaki kanan.
2. Pegang bola dengan kedua tangan dan lengan sedikit ditekuk.
3. Ayunan bola dari pinggul kanan, arah lemparan bola ke depan dinding, bisa juga berpasangan, perut ditarik untuk memaksimalkan penggunaann otot perut.
4. Menangkap bola pantul dari tembok atau pasangannya dan ulangi.


A3. Melempar Bola Belakang Lewat Atas Kepala.
1. Berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari selebar pinggul. Berpasangan atau pelatih berdiri sekitar 10-15 meter di belakang Anda.
2. Pegang bola dan tubuh bagian bawah ke posisi setengah jongkok. Lempar sampai seluruh tubuh membusung kebelakang dan membuang bola keatas dan melewati tubuh.
3. Tujuannya adalah untuk melempar bola kebelakang sejauh mungkin dan menghasilkan sebagian besar kekuatan otot kaki.
4. Menangkap bola pada pantulan dari pasangan Anda dan ulangi sesuai dengan pengulangan yang ditentukan.

A4. Melempar Bola Keras Kebawah
1. Berdiri dengan kaki sejajar, selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk.
2. Tarik bola di belakang kepala dan lempar bola ke tanah sekeras mungkin.
3. Menangkap bola pantul dari tanah dan ulangi sesuai dengan pengulangan yang ditentukan.

A5. Lemparan Explosive Dengan Start
1. Berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari selebar pinggul. Lutut harus sedikit menekuk.
2. Ambil bola hingga setinggi dada.
3. Dengan daya ledak tekan bola langsung jauh dan secepat Anda bisa.
4. Saat Anda menekan bola ke depan dengan ledak kaki sehingga Anda benar-benar berlari maju beberapa langkah.

A6. Melempar Lewat Atas Kepala Dengan Satu Tangan.
1. Berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari pinggul.
2. Pegang bola dan tubuh bagian bawah ke posisi setengah jongkok. Bergerak cepat dengan memperpanjang seluruh tubuh dan melempar bola obat ke udara.
3. Tujuannya adalah untuk melemparkan bola setinggi mungkin dan menghashlkan sebagian besar kekuatan kaki.
4. Menangkap bola pantul dan ulangi.



27 Februari 2012

Mengapa Siswa Malas Belajar ?

Malas belajar pada anak secara psikologis merupakan wujud dari melemahnya kondisi mental, intelektual, fisik, dan psikis anak. Malas belajar timbul dari beberapa faktor, untuk lebih mudahnya terbagi menjadi dua faktor besar, yaitu: 1) faktor intrinsik ( dari dalam diri anak), dan 2) Faktor ekstrinsik (faktor dari luar anak).

1. Dari Dalam Diri Anak (Intrinsik)
Rasa malas untuk belajar yang timbul dari dalam diri anak dapat disebabkan karena kurang atau tidak adanya motivasi diri. Motivasi ini kemungkinan belum tumbuh dikarenakan anak belum mengetahui manfaat dari belajar atau belum ada sesuatu yang ingin dicapainya. Selain itu kelelahan dalam beraktivitas dapat berakibat menurunnya kekuatan fisik dan melemahnya kondisi psikis. Sebagai contoh, terlalu lama bermain, terlalu banyak mengikuti les ini dan les itu, terlalu banyak mengikuti ekstrakulikuler ini dan itu, atau membantu pekerjaan orangtua di rumah, merupakan faktor penyebab menurunnya kekuatan fisik pada anak. Contoh lainnya, terlalu lama menangis, marah-marah (ngambek) juga akan berpengaruh pada kondisi psikologis anak.

2. Dari Luar Anak (Ekstrinsik)
Faktor dari luar anak yang tidak kalah besar pengaruhnya terhadap kondisi anak untuk menjadi malas belajar. Hal ini terjadi karena:

a. Sikap Orang Tua
Sikap orang tua yang tidak memberikan perhatian dalam belajar atau sebaliknya terlalu berlebihan perhatiannya, bisa menyebabkan anak malas belajar. Tidak cukup di situ, banyak orang tua di masyarakat kita yang menuntut anak untuk belajar hanya demi angka (nilai) dan bukan mengajarkan kepada anak akan kesadaran dan tanggung jawab anak untuk belajar selaku pelajar. Akibat dari tuntutan tersebut tidak sedikit anak yang stress dan sering marah-marah (ngambek) sehingga nilai yang berhasil ia peroleh kurang memuaskan. Parahnya lagi, tidak jarang orang tua yang marah-marah dan mencela anaknya bilamana anak mendapat nilai yang kuang memuaskan. Menurut para pakar psikologi, sebenarnya anak usia Sekolah Dasar janga terlalu diorentasikan pada nilai (hasil belajar), tetapi bagaimana membiasakan diri untuk belajar, berlatih tanggung jawab, dan berlatih dalam suatu aturan.

b. Sikap Guru
Guru selaku tokoh teladan atau figur yang sering berinteraksi dengan anak dan dibanggakan oleh mereka, tapi tidak jarang sikap guru di sekolah juga menjadi objek keluhan siswanya. Ada banyak macam penyebabnya, mulai dari ketidaksiapan guru dalam mengajar, tidak menguasai bidang pelajaran yang akan diajarkan, atau karena terlalu banyak memberikan tugas-tugas dan pekerjaan rumah. Selain itu, sikap sering terlambat masuk kelas di saat mengajar, bercanda dengan siswa-siswa tertentu saja atau membawa masalah rumah tangga ke sekolah, membuat suasana belajar semakin tidak nyaman, tegang dan menakutkan bagi siswa tertentu.

c. Sikap Teman
Ketikan seorang anak berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah, tentunya secara langsung anak bisa memperhatikan satu sama lainnya, sikap, perlengkapan sekolah, pakaian dan asesoris-asesoris lainnya. Tapi sayangnya tidak semua teman di sekolah memiliki sikap atau perilaku yang baik dengan teman-teman lainnya. Seorang teman yang berlebihan dalam perlengkapan busana sekolah atau perlengkapan belajar, seperti sepatu yang bermerk yang tidak terjangkau oleh teman-teman lainnya, termasuk tas sekolah dan alat tulis atau sepeda dan mainan lainnya, secara tidak langsung dapat membuat iri teman-teman yang kurang mampu. Pada akhirnya ada anak yang menuntut kepada orang tuanya untuk minta dibelikan perlengkapan sekolah yang serupa dengan temannya. Bilamana tidak dituruti maka dengan cara malas belajarlah sebagai upaya untuk dikabulkan permohonannya.

d. Suasana Belajar di Rumah
Bukan suatu jaminan rumah mewah dan megah membuat anak menjadi rajin belajar, tidak pula rumah yang sangat sederhana menjadi faktor mutlak anak malas belajar. Rumah yang tidak dapat menciptakan suasana belajar yang baik adalah rumah yang selalu penuh dengan kegaduhan, keadaan rumah yang berantakan ataupun kondisi udara yang pengap. Selain itu tersedianya fasilitas-fasilitas permainan yang berlebihan di rumah juga dapat mengganggu minat belajar anak. Mulai dari radio tape yang menggunakan kaset, CD, VCD, atau komputer yang diprogram untuk sebuah permainan (games), seperti Game Boy, Game Watch maupun Play Stations. Kondisi seperti ini berpotensi besar untuk tidak terciptanya suasana belajar yang baik.

e. Sarana Belajar
Sarana belajar merupakan media mutlak yang dapat mendukung minat belajar, kekurangan ataupun ketiadaan sarana untuk belajar secara langsung telah menciptakan kondisi anak untuk malas belajar. Kendala belajar biasanya muncul karena tidak tersedianya ruang belajar khusus, meja belajar, buku-buku penunjang (pustaka mini), dan penerangan yang bagus. Selain itu, tidak tersediannya buku-buku pelajaran, buku tulis, dan alat-alat tulis lainnya, merupakan bagian lain yang cenderung menjadi hambatan otomatis anak akan kehilangan minat belajar yang optimal.

Enam langkan untuk mengatasi mals belajar pada anak dan membantu orangtua dalam membimbing dan mendampingi anak yang bermasalah dalam belajar antara lain:

1. Mencari Informasi
Orangtua sebaiknya bertanya langsung kepada anak guna memperoleh informasi yang tepat mengenai dirinya. Carilah situasi dan kondisi yang tepat untuk dapat berkomunikasi secara terbuka dengannya. Setelah itu ajaklah anak untuk mengungkapkan penyebab ia malas belajar. Pergunakan setiap suasana yang santai seperti saat membantu ibu di dapur, berjalan-jalan atau sambil bermain, tidak harus formal yang membuat anak tidak bisa membuka permasalahan dirinya.

2. Membuat Kesepakatan bersama antara orang tua dan anak.
Kesepakatan dibuat untuk menciptakan keadaan dan tanggung jawab serta memotivasi anak dalam belajar bukan memaksakan kehendak orang tua. Kesepakatan dibuat mulai dari bangun tidur hingga waktu hendak tidur, baik dalam hal rutinitas jam belajar, lama waktu belajar, jam belajar bilamana ada PR atau tidak, jam belajar di waktu libur sekolah, bagaimana bila hasil belajar baik atau buruk, hadiah atau sanksi apa yang harus diterima dan sebagainya. Kalaupun ada sanksi yang harus dibuat atau disepakati, biarlah anak yang menentukannya sebagai bukti tanggungjawabnya terhadap sesuatu yang akan disepakati bersama.

3. Menciptakan Disiplin.
Bukanlah suatu hal yang mudah untuk menciptakan kedisiplinan kepada anak jika tidak dimulai dari orang tua. Orang tua yang sudah terbiasa menampilkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari akan dengan mudah diikuti oleh anaknya. Orang tua dapat menciptakan disiplin dalam belajar yang dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan. Latihan kedisiplinan bisa dimulai dari menyiapkan peralatan belajar, buku-buku pelajaran, mengingatkan tugas-tugas sekolah, menanyakan bahan pelajaran yang telah dipelajari, ataupun menanyakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam suatu pelajaran tertentu, terlepas dari ada atau tidaknya tugas sekolah.

4. Menegakkan Kedisiplinan.
Menegakkan kedisiplinan harus dilakukan bilamana anak mulai meninggalkan kesepakatan-kesepakatan yang telah disepakati. Bilamana anak melakukan pelanggaran sedapat mungkin hindari sanksi yang bersifat fisik (menjewer, menyentil, mencubit, atau memukul). Untuk mengalihkannya gunakanlah konsekuensi-konsekuensi logis yang dapat diterima oleh akal pikiran anak. Bila dapat melakukan aktivitas bersama di dalam satu ruangan saat anak belajar, orang tua dapat sambil membaca koran, majalah, atau aktivitas lain yang tidak mengganggu anak dalam ruang tersebut. Dengan demikian menegakkan disiplin pada anak tidak selalu dengan suruhan atau bentakan sementara orang tua melaksanakan aktifitas lain seperti menonton televisi atau sibuk di dapur.

5. Ketegasan Sikap
Ketegasan sikap dilakukan dengan cara orang tua tidak lagi memberikan toleransi kepada anak atas pelanggaran-pelanggaran yang dilakukannya secara berulang-ulang. Ketegasan sikap ini dikenakan saat anak mulai benar-benar menolak dan membantah dengan alasan yang dibuat-buat. Bahkan dengan sengaja anak berlaku ’tidak jujur’ melakukan aktivitas-aktivitas lain secara sengaja sampai melewati jam belajar. Ketegasan sikap yang diperlukan adalah dengan memberikan sanksi yang telah disepakati dan siap menerima konsekuensi atas pelanggaran yang dilakukannya.

6. Menciptakan Suasana Belajar
Menciptakan suasana belajar yang baik dan nyaman merupakan tanggung jawab orangtua. Setidaknya orang tua memenuhi kebutuhan sarana belajar, memberikan perhatian dengan cara mengarahkan dan mendampingi anak saat belajar. Sebagai selingan orangtua dapat pula memberikan permainan-permainan yang mendidik agar suasana belajar tidak tegang dan tetap menarik perhatian.

Ternyata malas belajar yang dialami oleh anak banyak disebabkan oleh berbagai faktor. Oleh karena itu sebelum anak terlanjur mendapat nilai yang tidak memuaskan dan membuat malu orangtua, hendaknya orang tua segera menyelidiki dan memperhatikan minat belajar anak. Selain itu, menumbuhkan inisiatif belajar mandiri pada anak, menanamkan kesadaran serta tanggung jawab selaku pelajar pada anak merupakan hal lain yang bermanfaat jangka panjang. Jika enam langkah ini dapat diterapkan pada anak, maka sudah seharusnya tidak adalagi keluhan dari orang tua tentang anaknya yang malas belajar atau anak yang ngambek karena selalu dimarahi orang tuanya.
Naskah asli diambil dari : http://handayani-banjaran.com/artikel/143-1-MENGAPA-SISWA--MALAS-BELAJAR-?.html

26 Februari 2012

Ketahanan Sekolah Yang Mantap

Siswa berantem, siswa berebut pacar,siswa bolos sekolah, siswa merokok, siswa minum miras, siswa dapat nilai jelek?

Permasalahan tersebut adalah pekerjaan kita bersama, sekolah, orang tua dan masyarakat.
Ketiga unsur diatas tidak bisa terpisahkan. baik kita coba cermati tulisan berikut ini.

KETAHANAN SEKOLAH
Adalah suatu kondisi dinamis yang berisi kemampuan dan ketangguhan dalam menghadapi tantangan dan hambatan yang timbul dari dalam dan dari luar sekolah, baik langsung maupun tidak langsung akan mengganggu Kegiatan Belajar Mengajar(KBM).

TANDA TANDA KETAHANAN SEKOLAH YANG TIDAK MANTAP

A. TERJADINYA GANGGUAN
1. Seringnya jam jam kosong, yang disebabkan
• Guru tidak segera masuk kelas, padahal bel sudah berbunyi, akhirnya murid tidak ada yang mengontrol.
• Guru memberi tugas, sementara guru masih asyik ngobrol yang tidak berguna di ruang guru atau di ruang mana saja.
• Guru memberi tugas, sementara guru sibuk dengan urusan pribadinya.
• Adanya rapat guru atau rapat staf yang mendadak.
2. Masih banyaknya siswa yang terlambat, otomatis memecah konsentrasi guru yang mengajar.
3. Masih adanya beberapa guru yang terlambat datang di sekolah.
4. Masih adanya karyawan yang terlambat datang di sekolah.
5. Banyaknya siswa yang tidak masuk sekolah.
6. Siswa yang tidak mengerjakan PR atau mengerjakan PR di sekolah.
7. Adanya siswa yang tidak langsung pulang sekolah, tetapi masih berada di sekolah.
8. Seringnya guru memberi ijin siswa untuk kebelakang, padahal beli makanan.
9. Pertengkaran atau perkelahian.
10. Berpacaran.
11. Perbedaan jam pulang sekolah, siswa tidak segera meninggalkan sekolah, tetap dilingkungan sekolah, sementara tidak ada yang mengawasi.
12. Adanya siswa merokok baik didalam atau diluar sekolah.
13. Minum miras.
14. Kelas yang kotor.
15. Piket Kelas kurang berjalan.
16. Saat jam istirahat siswa berada di dalam kelas, harusnya diluar kelas.
17. Sarana wc yang kotor
18. Sarana tempat sampah yang kurang.
19. Dan lain-lain.

B. CARA PENANGGULANGAN

1. Bagi guru, secara otomatis kewenangan Kepsek atau Wakil dan Staf yang sudah mendapat delegasi. ( diajak, di motivasi, ditegur, dibina dll ).
2. Peran guru piket bukan hanya mencatat siswa yang tidak hadir saja, tetapi harus keliling sekolah saat istirahat, kalau perlu keliling saat guru tersebut tidak ada jam mengajar.
3. Peran karyawan TU, yang sering telat ngebel ( ini khusus bila ada perubahan jadwal, karena ada kegiatan khusus atau listrik mati) bila tidak otomatis bel sekolah bunyi sendiri, karena sudah di program di komputer.
4. Peran wali kelas kurang maksimal mengontrol kelasnya.
5. Peran Piket Siswa yang kurang maksimal.
6. Peran PKS ( Patroli Keamanan Sekolah ) saat istirahat harus di maksimalkan.
7. Peran BK ( khusus bagi siswa yang bermasalah )
8. Khusus karyawan kebersihan, sering mengabaikan tugas yang sudah menjadi bagiannya.
9. Adanya kontrol siswa yang datang kesekolah, meng atas namakan kegiatan sekolah, sementara dia datang kesekolah hanya untuk kegiatan yang tidak bisa di pertanggung jawabkan.
10. Menolak promosi barang datang ke sekolah, caranya cukup satpam yang menolak, kecuali sudah dengan persetujuan Kepala Sekolah.
11. Khusus koordinator ekskul untuk melihat ekskul yang dilaksanakan hari minggu.

24 Februari 2012

Hasil Try Out Kota ke 2

Hasil Try Out ke-2 Kota Malang tingkat SMP KLIK DISINI



25 Januari 2012

Pesan Error Saat Format Win Xp

Ini pengalaman pertama selama saya memformat atau meng instal ulang windows, yang saya lakukan adalah format windows xp

Seperti biasa kita lakukan seting ulang untuk booting pertama kita arahkan ke CD ROM, melalui bios tentunya. Nach setelah tekan F10 atau simpan komputer melakukan restart, kompi sdh melakukan boting awal ke CD ROM, setelah berjalan beberapa saat muncullah pesan " file ntkrnlmp.exe could not be loaded, The error code is 7 ". Masih dongkol dengan pesan error yang ber ulang ulang, maka saya minta tolong ke om gogel, langkah langkah yang saya lakukan adalah sbb
1. CD saya burning lagi, kan bisa jadi CD lama sudah tergores, eh ternyata tetap error.
2. CD/DVD ROM saya ganti baru, siapa tahu drive CD nya yg rusak, nah ternyata sama saja masih error
3. Nah pada langkah ke3 ini kompi saya ketemu penyakitnya, yaitu bios tidak mengenal Memory card, langsung saja saya ganti memory nya, Alhamdulillah dengan RAM baru, selesailah permasalahan saya. Jadi saran saya bila keluar pesan error diatas, coba ganti dulu RAM nya, mudah mudahan bermanfaat...

04 Agustus 2011

Sultan Muhammad Al Fatih Sang Penakluk Benteng Konstantinopel

Prolog

Konstantinopel pasti akan ditaklukkan. Rajanya adalah sebaik-baik raja dan tentaranya adalah sebaik-baik tentara”1, sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam di hadapan para Shahabatnya empat belas abad yang lalu. Delapan abad setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata demikian, apa yang beliau kabarkan benar-benar terjadi. Benteng Konstantinopel yang terkenal kuat dan tangguh itu, akhirnya takluk di tangan kaum muslimin. Para Ulama’, di antaranya Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah menyebutkan, “Di antara Dalaa’il Nubuwwah atau tanda-tanda kenabian Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah sabda beliau yang menceritakan kejadian-kejadian yang akan terjadi di masa depan2.”

Pujian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam kepada raja dan tentara yang berhasil menaklukkan Konstantinopel, benar-benar melecut semangat jihad para pemimpin serta mujahidin yang hidup setelah beliau. Berkali-kali usaha ini dilancarkan, di antaranya: upaya penaklukan benteng Konstantinopel yang di lancarkan di zaman Mu’awiyah bin Abi Sufyan di bawah komando anaknya Yazid. Turut serta dalam pasukan ini Abu Ayyub al-Anshari, seorang shahabat Rasulullah yang pemberani. Namun usaha ini menemui kegagalan. Abu Ayyub al-Anshari akhirnya gugur ketika mengikuti pertempuran ini. Sebelum beliau wafat, beliau sempat berpesan kepada panglima Bani Umayyah; jika ia wafat, ia ingin sekali dikuburkan di bawah tembok benteng Konstantinopel. Pasukan muslimin pun menjalankan wasiat beliau; mereka menyerbu musuh sambil membawa jasad Abu Ayyub al-Anshari, hingga ketika mereka sampai ke tembok benteng Konstantinopel, para mujahidin menggali lobang, dan menguburkan beliau di situ, sesuai permintaan terakhir beliau3.

Upaya yang sama juga dilakukan pada zaman Khalifah Umayyah. Di zaman Khalifah Abbasiyyah, misi yang sama juga di lakukan namun belum menuai kesuksesan, termasuk di zaman Khalifah Harun Arrasyid. Setelah kejatuhan Baghdad 656 H, usaha menawan Konstantinopel diteruskan oleh kerajaan-kerajaan kecil di Asia Timur terutama kerajaan Seljuk. Pemimpinnya Alp Arselan berhasil mengalahkan Kaisar Roma, Dimonus, pada tahun 463 H. Akibatnya sebagian besar wilayah kekaisaran Roma takluk di bawah pengaruh Islam Seljuk. Beberapa usaha untuk menaklukkan Konstantinopel juga dilakukan oleh para pemimpin Daulah Utsmaniyyah. Sultan Murad II juga pernah melakukan beberapa kali pengepungan ke benteng tersebut, namun belum menuai hasil. Hingga akhirnya Allah subhanahu wa ta’ala mewujudkan impian kaum muslimin untuk menaklukkan benteng tersebut melalui tangan pemimpin ke-7 Daulah Utsmaniyyah yang terkenal akan kesalehan dan ketakwaannya kepada Allah. Dikisahkan bahwa tentaranya tidak pernah meninggalkan shalat wajib sejak baligh dan separuh dari mereka tidak pernah meninggalkan solat tahajjud sejak baligh. Sang Sultan sendiri tidak pernah meninggalkan solat wajib, tahajjud dan rawatib sejak baligh hingga saat kematiannya.

Di samping ketakwaan Sultan dan tentaranya kepada Allah, mereka memiliki semangat jihad yang tinggi, pantang menyerah, dan tidak takut mati. Mereka juga berhasil memainkan taktik perang yang luar biasa. Untuk pertama kalinya dalam sejarah umat manusia, Sultan dan pasukannya bisa membuat kapal-kapal laut berjalan di atas daratan. Rute darat yang dilalui kapal-kapal Turki bukanlah rute yang mudah. Selain harus melewati jalan yang terjal, jarak yang harus ditempuh pun tidak pendek.4 Bagaimana ceritanya, dan siapakah sosok sang Sultan sendiri, Selamat membaca:

Biografi Singkat Sang Penakluk Benteng Konstantinopel

Sultan Muhammad Tsaniy atau yang lebih dikenal dengan Sultan Muhammad Al Fatih, dilahirkan pada tanggal 26 Rajab tahun 833 H, bertepatan dengan tanggal 20 April 1429 M. Beliau menghabiskan masa kecilnya di kota Adrenah. Ayah beliau, betul-betul mendidik beliau agar menjadi seorang pemimpin kuat lagi saleh. Sultan Murad II melatih dan mendidik anaknya itu dari segala segi. Dalam bidang kesatriaan, beliau dilatih seni berpedang, memanah, dan keterampilan mengendarai kuda. Tidak kalah penting, dalam bidang keagamaan, Ayah beliau mendatangkan beberapa Ulama’ pilihan di zamannya untuk mendidik agama beliau, di antaranya adalah Syekh Ahmad bin Ismail Al-Kuroniy, seorang pakar fikih yang juga memiliki pengetahuan yang dalam dalam bidang ilmu Nahwu, Ma’ani, dan Bayan. Beliau adalah seorang ulama’ yang diakui keilmuannya oleh para ulama’ lainnya yang hidup di masanya. Bahkan Muhammad al-Fatih menyebutnya sebagai “Abu Hanifah zamannya”. Di samping itu, Muhammad al-fatih juga mewarisi sikap pemberani dan tidak mudah putus asa dari ayahnya. Beliau mempelajari ilmu perang, strategi pertempuran, teknik mengepung kota dan beberapa wawasan kemiliteran lainnya. Muhammad al-Fatih juga gemar mempelajari sejarah Islam mulai dari zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hingga zaman beliau hidup saat itu, kisah sejarah yang dipenuhi kisah-kisah kepahlawanan dan kesatriaan para pahlawan Islam. Hal-hal yang kelak mendukung langkah beliau dalam pertempuran untuk menaklukkan benteng Konstantinopel.

Muhammad al-Fatih pun tumbuh menjadi seorang pemuda yang perkasa dan saleh di bawah didikan ayah dan guru-gurunya. Tinggi badannya sedang-sedang saja, namun anggota tubuh beliau menceritakan keperkasaannya. Muhammad al-Fatih sangat mahir mengendarai kuda dan pandai memainkan senjata. Beliau dikenal sebagai sosok yang pemberani, adil dalam memutuskan perkara, dalam pengetahuan agama dan sastranya, zuhud lagi wara’ terhadap dunia, serta memiliki pandangan ke depan yang tajam. Sang penakluk Konstantinopel ini juga sangat rajin beribadah. Beliau jarang sekali shalat kecuali di Masjid Jami’. Beliau juga dikenal sebagai penguasa yang dekat dengan Ulama’.5

Semenjak kecil, Sultan Muhammad telah mengamati upaya-upaya ayahnya, Sultan Murad II, untuk menaklukkan Konstantinopel. Beliau juga mengkaji usaha-usaha yang pernah dibuat sepanjang sejarah Islam ke arah itu, sehingga menimbulkan keinginan yang kuat dalam dirinya untuk meneruskan cita-cita umat Islam. Ketika beliau naik tahta -pada usia yang sangat muda- menggantikan ayahnya pada tahun 855 H, beliau mulai berpikir dan menyusun strategi untuk menaklukkan Konstantinopel6.

Benteng Konstantinopel

Konstantinopel, adalah salah satu bandar terkenal di dunia. Semenjak kota ini didirikan oleh maharaja Bizantium yakni Constantine I, ia sudah menyita perhatian masyarakat dunia saat itu; selain karena faktor wilayahnya yang luas, besar bangunannya, kemegahan dan keindahan arsitekturnya, Konstantinopel juga memiliki kedudukan yang strategis. Hal ini yang membuatnya juga mempunyai tempat istimewa ketika umat Islam memulai perkembangannya di masa Kekaisaran Bizantium. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah memberikan kabar gembira tentang penguasaan kota ini ke tangan umat Islam, seperti dinyatakan oleh beliau dalam hadistnya.

Dibalik kemegahan Kota ini, Konstantinopel juga dikenal memiliki pertahanan militer yang terkenal kuat. Benteng raksasa yang berdiri kokoh, disertai para prajurit yang siap dengan berbagai macam senjatanya, selalu siap menyambut setiap pasukan yang hendak menyerang benteng ini. Tidak ketinggalan, galian parit yang besar membentang mengitari benteng ini, semakin menambah kesan bahwa kota ini mustahil ditaklukkan. Cukuplah kegagalan-kegagalan ekspedisi jihad umat Islam sebelumnya untuk menguasai kota ini, sebagai bukti akan ketangguhan pertahanannya.7

Namun semua ini tidak membuat semangat Sultan Muhammad Tsaniy menjadi surut. Beliau yakin mampu mewujudkan impian umat Islam untuk menaklukkan benteng itu. Selain berbekal doa dan tawakkal kepada Allah, beliau juga menyiapkan taktik-taktik pertempuran yang matang disertai angkatan perang dalam jumlah besar untuk menaklukkan Konstantinpel.

1. Persiapan perang kedua belah pihak.

Sebagai langkah awal untuk mewujudkan impian ini, Sultan Muhammad Tsaniy terlebih dahulu mengumumkan pengumuman perang terhadap Konstantinopel. Kemudian pemimpin ke-7 Daulah Utsmaniyah ini datang mengepung benteng Konstantinopel bersama 50.000 pasukannya. Setelah mengepung selama tiga hari, Sultan Muhammad kemudian menarik kembali pasukannya pulang.

Belajar Islam – Sultan Muhammad Al-Fatih Bagian 2 Selama pengepungan yang berlangsung selama tiga hari ini memang tidak terjadi kontak senjata di antara kedua belah pihak. Namun tujuan utama Sultan Muhammad al-Fatih mengadakan pengepungan ini bukan untuk menjebol benteng Konstantinopel seketika itu juga, tetapi lebih ditujukan untuk mengenal lebih jauh kondisi benteng Konstantinopel dari jarak dekat; bagaimana struktur militer dan menara-menara pertahanan yang mengitari benteng tersebut. Sehingga ke depan bisa diambil strategi yang tepat untuk menaklukkan kota bandar ini.

Penguasa Konstantinopel langsung memerintahkan bawahannya untuk menangkapi setiap orang Turki yang ada di kotanya, sebagai balasan atas pernyataan perang Sultan Muhammad. Sadar bahwa Sultan Muhammad al-Fatih semakin berhasrat untuk menyerang mereka, tentara Konstantinopel semakin memperkuat pertahanan benteng mereka; orang-orang Konstantinopel merenovasi tembok benteng mereka yang rusak akibat di makan usia dan bekas serangan-serangan yang pernah di lancarkan sebelumnya. Selain menyiapkan peralatan perang mereka, para penguasa Konstantinopel juga mengirim utusan ke Eropa untuk meminta bantuan kepada sekutu-sekutu mereka yang ada di sana.

Para sekutu di Eropa pun menjawab permintaan rekan-rekan mereka di Konstantinopel dengan mengirimkan beberapa kapal yang berisi bala bantuan untuk mereka. Pakar strategi perang juga turut mereka sertakan dalam rombongan tersebut untuk memperkuat pertahanan benteng Konstantinopel dari gempuran musuh yang sewaktu-waktu hendak menyerang mereka.

Segera setelah sampai di Konstantinopel, pakar strategi perang yang dikirimkan Eropa segera melaksanakan tugasnya. Mereka siap melindungi Konstantinopel hingga titik darah penghabisan. Selanjutnya penguasa Konstantinopel memerintahkan peletakan rantai besi yang kuat di daerah teluk. Rantai besi ini akan ditarik hingga ke permukaan air jika ada kapal yang hendak masuk tanpa seizin mereka. Hal ini menyebabkan mereka memiliki kuasa penuh untuk mengendalikan lewatnya kapal-kapal yang ingin memasuki wilayah mereka dan mencegah armada laut Daulah Utsmaniyah yang mencoba mendekati Konstantinopel dari arah teluk.8

2. Midfa’ Sulthoniy, meriam raksasa penggetar Konstantinopel.

Persiapan Sultan Muhammad al-Fatih juga tidak kalah matang dari musuhnya untuk menggempur mereka. Sultan mengambil tindakan untuk menguasai semua perkampungan yang ada di sekitar benteng Konstantinopel. Hal ini berakibat putusnya jalur komunikasi antara Konstantinopel dengan Negara-negara lain. Selain itu, semangat jihad para pasukan Sultan juga semakin menggelora. Mereka ingin segera berperang untuk meninggikan agama Islam, meraih syahid di jalan Allah, serta pahala yang besar dari sang pencipta. Para Ulama’ juga tidak ketinggalan berada di tengah-tengah pasukan untuk membakar semangat jihad mereka.

Di tengah upaya Sultan Muhammad al-Fatih mematangkan persiapan pasukannya untuk berperang, secara tidak di sangka-sangka datang seorang ahli pembuat meriam dari kota Konstantinopel menawarkan jasa keahliannya membuat meriam kepada Sultan Muhammad al-Fatih. Sebelumnya lelaki ini bekerja untuk Konstantinopel. Namun karena penguasa Konstantinopel tidak kunjung membayar upah yang dijanjikan sebelumnya kepadanya, ia akhirnya membelot dan menawarkan jasanya kepada Sultan. Bak mendapat durian runtuh, Sultan Muhammad langsung menyambut tawaran emas dari sang ahli pembuat meriam ini. Sultan memberinya banyak harta dan fasilitas lengkap kepadanya untuk segera memulai pekerjaannya. Proyek besar ini sendiri dibantu oleh para arsitek senjata asal Turki dan pengawasannya dibawahi langsung oleh Sultan sendiri.

Selang tiga bulan kemudian, ahli pembuat meriam ini sukses menyelesaikan penggarapan sejumlah meriam untuk memperkuat pasukan militer Sultan. Di antaranya terdapat sebuah meriam raksasa yang belum pernah dibuat sebelumnya di muka bumi ini. Beratnya sekitar tujuh ratus ton. Peluru meriamnya juga memiliki ukuran yang sangat besar. Diperlukan seratus ekor kerbau ditambah seratus orang laki-laki yang kuat untuk menarik atau memindahkan meriam ini dari satu tempat ke yang tempat lain. Meriam ini akhirnya kondang dengan nama Midfa’ Sulthoniy atau meriam sang Sultan.

Sebelum uji coba meriam raksasa ini dilangsungkan, Sultan terlebih dahulu memperingatkan warganya agar tidak terkejut dengan kerasnya suara tembakannya. Ketika diuji coba, suara dentumannya terdengar hingga jarak tiga belas mil jauhnya. Peluru meriam tersebut akhirnya jatuh dan membuat lubang sedalam enam kaki. Sungguh luar biasa! Sultan gembira sekali setelah mengetahui hasil yang memuaskan dari uji coba meriam ini. Kemampuan meriam ini semakin menambah rasa percaya diri Sultan Muhammad Tsaniy dan pasukannya untuk menaklukkan benteng Konstantinopel. Sultan juga tidak lupa memberi bonus kepada sang ahli atas jerih payahnya yang telah mengarsiteki pembuatan meriam raksasa ini.9

3. Awal pengepungan

Setelah proses persiapan yang teliti, akhirnya Sultan Muhammad al-Fatih tiba di kota Konstantinopel pada bulan April 1453 M bersama 250.000 orang lebih tentaranya. Kemudian Sultan bersama dengan para staf militernya menyusun strategi perang untuk menggempur benteng Konstantinopel; Pasukan infanteri10, kavaleri11, dan artileri12 diperintahkan untuk mengambil posisinya masing-masing. Pasukan regular13 dan beberapa regu khusus bersama dengan pasukan non-reguler mengemban tugas utama untuk mengepung benteng sekaligus menyerangnya. Ada juga pasukan yang disiapkan Sultan untuk menggempur benteng dari arah pintu Rumanus –sisi ini adalah daerah yang paling lemah pertahanannya-, kelompok ini bertugas membantu penyerangan pasukan utama sekaligus mendobrak benteng dari sisi ini. Armada laut Sultan juga tidak ketinggalan ambil bagian dari pengepungan ini; tiga ratus kapal perang -baik yang berukuran kecil hingga yang besar- juga turut mengepung Konstantinopel dari arah laut. Selain itu, Armada laut Sultan juga bertugas; mencegah bala bantuan yang mungkin datang dari arah laut menuju Konstantinopel, menyerang kapal-kapal musuh yang menjaga teluk, menghancurkan rantai besi yang diletakkan tentara Konstantinopel di teluk yang telah membuat kapal-kapal Sultan tidak bisa memasuki teluk karena terhalang olehnya.

Setelah semua pasukan mengambil posisinya, Sultan mengirim pesan kepada penguasa Konstantinopel agar mau menyerahkan kota secara baik-baik kepada kaum muslimin. Jika hal itu dilakukan, Sultan berjanji untuk memperlakukan masyarakat Konstantinopel dengan baik dan menjamin keselamatan jiwa, harta, serta kebebasan beragama mereka. Namun tawaran Sultan ini ditolak mentah-mentah oleh pemimpin Konstantinopel. Mereka merasa yakin akan kekuatan pertahanan benteng mereka serta bala bantuan dari para sekutu.14

4. Gambaran benteng pertahanan.

Jika dilihat dari udara, benteng yang mengitari Konstantinopel memiliki bentuk seperti segitiga. Salah satu sisinya menghadap laut Marmaroh, sisi yang satunya lagi menghadap ke teluk, dan sisi yang terakhir menghadap ke daratan yang mengarah ke Eropa –di sisi inilah pasukan utama Sultan berada-. Benteng ini dikelilingi oleh parit selebar enam puluh kaki untuk merintangi gerakan musuh yang berusaha mendekat. Benteng ini memiliki beberapa pintu, antara lain:

*

Pintu Adrenah
*

Pintu Midfa’ (disebut juga dengan nama pintu Rumanus)
*

Pintu Askariy

Untuk menerobos benteng ini, Sultan Muhammad al-Fatih membagi posisi pasukannya sebagai berikut:

Regu pertama:

Maymanah : Terdiri dari pasukan Anadhol yang dikomandoi oleh Ishaq Pasya dan Mahmud Bek. Pasukan ini mengambil posisi berhadapan dengan pintu Midfa’.

Regu kedua:

Maysaroh : Terdiri dari beberapa pasukan yang dipimpin Qurjah Pasya. Pasukan ini mengambil posisi yang berhadapan dengan pintu Adrenah.

Regu ketiga:

Qolb : terdiri dari pasukan utama dan pasukan pilihan yang dipimpin sendiri oleh Sultan Muhammad al-Fatih. Posisi pasukan ini berhadapan dengan pintu Midfa’. Dan di belakang posisi pasukan inilah Sultan mendirikan kemah yang berfungsi sebagai pusat komando jalannya pertempuran pasukan beliau.15

5. Jalannya pertempuran.

Raja Konstantinopel mengirimkan utusannya untuk menyampaikan pesan kepada Sultan Muhammad agar mau mengurungkan niatnya menyerang Konstantinopel, tetapi Sultan malah balik berkata kepada utusan raja Konstantinopel: “Katakan kepada rajamu, agar mau menyerahkan Konstantinopel secara baik-baik kepadaku. Saya berjanji bahwa pasukan saya tidak akan mengganggu jiwa, harta, dan kehormatan seorang pun yang ada di dalam kota…”. Setelah mendengar pesan balasan dari Sultan, maka raja Konstantinopel semakin yakin kalau perang tidak dapat dihindari lagi. Pintu-pintu masuk ke kota Konstantinopel segera ditutup rapat dan para prajurit Konstantinopel bersiap-siap menghadapi serangan.

Meriam-meriam pasukan Turki segera menyalak dan memuntahkan serangannya yang menakutkan ke arah Konstantinopel begitu turun perintah serangan dari Sultan. Meriam-meriam ini terus menerus menembakkan pelurunya siang dan malam tanpa henti. Suara dentumannya yang mengenai dinding-dinding benteng terdengar begitu menakutkan, terutama di waktu malam. Hati penduduk Konstantinopel pun dipenuhi rasa takut dan kengerian yang luar biasa begitu mendengar suara ledakannya yang sangat keras. Masyarakat Konstantinopel hanya bisa berdiam diri tanpa tahu apa yang harus mereka berbuat menyaksikan hal itu. Mereka juga tidak mengira sebelumnya bahwa ada meriam di atas muka bumi ini yang mempunyai kemampuan seperti yang dimiliki oleh Sultan Muhammad Tsaniy. Kedua belah pihak, baik pasukan Turki maupun pasukan Konstantinopel bertempur mati-matian menghadapi serangan dari sang lawan. Pasukan penjaga benteng Konstantinopel bergerak cepat memperbaiki dinding-dinding benteng yang rusak akibat terkena tembakan meriam Sultan. Di sisi lain, pasukan artileri terus-menerus menembakkan meriam mereka guna merapuhkan fisik benteng Konstantinopel agar bisa di terobos oleh pasukan infanteri Sultan. Di bawah derasnya hujan peluru meriam yang menghujani benteng, pasukan infanteri Sultan dengan gagah berani bergerak mendekat ke arah benteng tanpa takut mati.

Tembakan peluru yang terus menerus dilontarkan meriam Sultan akhirnya membuahkan hasil; beberapa bagian benteng rusak dan puing-puing bahan bangunan dari benteng tersebut serta pecahan-pecahan peluru meriamnya berjatuhan sehingga memenuhi parit yang ada di bawahnya, hal ini membuat pasukan lawan bisa melintasinya dengan mudah. Melihat hal itu, pasukan Sultan segera bergerak merangsek masuk ke dalam benteng. Mereka memanjat tembok benteng dengan menggunakan tangga. Beberapa dari mereka bahkan sampai ke daerah yang ada di dalam benteng. Pergerakan pasukan Sultan ini langsung mendapat sambutan dari pasukan musuh yang menjaga benteng di atas. Pertempuran sengit terjadi di antara kedua belah pihak. Pasukan pemanah yang berada di atas benteng segera menghujani pasukan Sultan yang mencoba menerobos masuk. Pertempuran mematikan ini berlangsung hingga malam hari dan akhirnya berhenti setelah Sultan Muhammad al-Fatih memutuskan untuk menarik mundur pasukannya.

Di waktu yang sama, kapal-kapal perang Sultan berusaha menghancurkan rantai besi yang menghalangi pergerakan armada laut Sultan untuk bisa masuk ke Teluk. Namun kapal-kapal Bizantium dan Italia yang berada di belakang rantai tersebut tidak tinggal diam melihat upaya kapal-kapal Sultan. Mereka dengan mudah menembaki kapal-kapal Sultan yang umumnya berukuran lebih kecil dari kapal-kapal Bizantium dan Konstantinopel hingga membuat armada laut Sultan mundur dari pertempuran.

Meskipun angkatan laut Sultan sudah mempersiapkan persenjataan secara matang, dan jumlah kapal-kapalnya cukup banyak, tetapi mereka kalah pengalaman dan wawasan militer dalam hal pertempuran di laut dibandingkan dengan tentara laut Bizantium dan Italia. Tentara laut Turki tidak mampu mengimbangi permainan tempur yang dimainkan pasukan musuh yang notabenenya lebih berpengalaman. Hingga akhirnya armada laut Turki mundur dari pertempuran yang disambut sorak-sorai kegembiraan armada laut musuh karena keberhasilan mereka memukul mundur kapal-kapal perang Sultan.

Keberhasilan pasukan darat dan laut Konstantinopel menahan gerakan lawan, membuat rakyat Konstantinopel gembira. Mereka semakin yakin bahwa tentara Daulah Utsmaniyyah tidak akan mampu menerobos pertahanan benteng. Raja Konstantinopel pergi ke gereja Santa Sofiya untuk mengucap puji dan syukurnya kepada tuhan, atas keberhasilan mereka menghadapi serangan Sultan Muhammad al-Fatih.

Di sisi bumi yang lain, kegagalan pasukan Turki dalam beberapa pertempuran melawan pasukan Konstantinopel tidak membuat Sultan Muhammad al-Fatih gigit jari. Justru beliau semakin bersemangat untuk menggapai cita-citanya, yaitu menaklukkan Konstantinopel. Untuk itu beliau memutar keras otaknya; taktik dan strategi perang apa lagi yang harus digunakan untuk menyerang musuh.16

Sumber :

8 Lihat: As-Sulthon Muhammad al-Fatih, karya Dr. Abdus Salam Abdul Aziz Fahmi hal 79-81

9 Lihat: As-Sulthon Muhammad al-Fatih, karya Dr. Abdus Salam Abdul Aziz Fahmi hal 82-83

10 Pasukan infanteri adalah istilah militer untuk pasukan yang berjalan kaki.

11 Pasukan kavaleri adalah pasukan yang mobilisasinya menggunakan kendaraan. Pada zaman dahulu, yang dimaksud dengan pasukan kavaleri adalah pasukan yang mengendarai kuda.

12 Pasukan artileri adalah pasukan yang bertugas mengoperasikan meriam.

13 Pasukan regular adalah pasukan yang berdinas tetap sebagai tentara.

14 Lihat: As-Sulthon Muhammad al-Fatih, karya Dr. Abdus Salam Abdul Aziz Fahmi dan Mehmed II di www.Wikipedia.com

15 Lihat: As-Sulthon Muhammad al-Fatih, karya Dr. Abdus Salam Abdul Aziz Fahmi, hal 86-90

16 Lihat: As-Sulthon Muhammad al-Fatih, karya Dr. Abdus Salam Abdul Aziz Fahmi, hal 90-95
Sumber : http://www.belajarislam.com

07 Juli 2011

Gaji 13 Kota Malang tahun 2011 Cair

Saat yang di tunggu-tunggu gaji ke 13 tahun 2011 bagi PNS akhirnya cair juga

Malang (beritajatim.com) - Kabar gebira untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Malang. Pada Jumat, 8 Juli mendatang, gaji ke 13 siap cair. Sebanyak 10.249 PNS di Kota yang dipimpin Peni Suparto itu akan menerima gaji ke 13 tersebut.

"Pada hari Senin (4/7/2011) kemarin, kami belum bisa memastikan kapan gaji ke 13 akan cair. Ternyata pada hari ini, Rabu (6/7/2011) sudah ada kejelasan tentang pencairan gaji ke 13 itu," aku Kepala Sub Bagian Perbendaharaan, Bagian Keuangan Pemkot Malang, Emmy Agustin, Rabu (06/07/2011).

Gaji ke 13 itu katanya, memang akan cair pada hari Jumat (08/07/2011), dan semua pegawai yang akan menerima gaji ke 13 itu. "Semua PNS sudah mengetahuinya," kata Emmy.

Saat ini, kata Emmy, pihak Bagian Keuangan Pemkot Malang, sedang memproses segala sesuatunya terkait akan dicairkannya gaji ke 13 tersebut. "Hari ini, kami harus lembur untuk penyelesaiannya kelengkapannya," ujarnya.

Setelah proses atau persiapannya selesai, Kamis (07/07/2011), dana akan diserahkan di tiap SKPD agar pada hari Jumat para pegawai bisa mengambil di SKPD masing-masing. "Para pegawai yang menerima gaji ke 13 itu nantinya akan menerima satu kali gaji yang besarnya mengacu pada gaji bulan Juni," katanya
sumber : http://www.beritajatim.com

22 Juni 2011

Pengumuman PSB Online SMPN Kota Malang 2011

Berikut hasil akhir PPDB/PSB online tingkat SMP Negeri Kota Malang 2011,selamat ya bagi adik-adik yang sudah diterima.




03 Juni 2011

NUN SMP 2011 kota Malang jeblok

SURABAYA – Prestasi pendidikan tingkat SMP di Malang Raya tahun 2011 ini, boleh dibilang tak cukup menggembirakan. Meski tingkat kelulusan cukup tinggi, tetapi Nilai Ujian Nasional (NUN) tidak satupun siswa SMP se Malang Raya mampu menjadi duta diperingkat regional.

Sebaliknya, tiga kabupaten/kota di Malang Raya terpuruk diperingkat ‘degradasi’. Kota Malang sebagai ikon kota pendidikan hanya bertengger diperingkat 37 atau setingkat lebih tinggi dibanding Kota Wisata Batu yang menduduki posisi ‘juru kunci’ atau di peringkat 38. Sedang, Kabupaten Malang dengan peserta UN SMP terbanyak se Malang Raya menduduki peringkat 34.
‘’Hasil UN tahun ini murni prestasi para siswa. Bukan karena nilai katrolan ujian di sekolahnya. Karena itu, pergeseran-pergeseran posisi dan siswa lulusan terbaik berjalan sesuai kondisi nilai sebenarnya,’’ tandas Dr. Harun MSi MM, Kepala Pendidikan Provinsi Jatim kepada Malang Post di kantornya, Kamis sore.
Secara panjang lebar, Harun kemudian menyebutkan komposisi peringkat prestasi UN SMP/MTs bauik negeri atau pun swasta di Malang Raya.
Sebagai pembanding kemudian Harun menyebut prestasi peringkat 10 besar SMP/Mts se Jatim, yang urutan pertamanya dimiliki Kabupaten Lamongan nilai NUN sebesar 33,57.
Kabupaten Malang, pada UN SMP/MTs 2010-2011 menyertakan sedikitnya 32.578 siswa dan yang tidak lulus sebanyak 98 siswa atau 0,30 persen. Kota wisata Batu dari 2.787 peserta UN yang tidak lulus sebanyak 22 siswa atau 0,79 persen. Terakhir Kota Malang dengan peserta 12.580 siswa yang tidak lulus tercatat 141 siswa atau 1,12 persen.
Jika digabungkan dari 47.945 peserta UN SMP/MTs se Malang Raya yang dinyatakan tidak lulus sebanyak 261 orang. Jumlah ini sekaligus ebagai penyumbang siswa tidak lulus se Jatim yang mencapai 1.154 siswa dari peserta UN sebanyak 540.608 siswa. Sedang presentase ketidaklulusan se Jatim hanya 0,21 persen dan masuk peringkat NUN tertinggi ke tiga di Indonesia.
Dari data yang dimiliki Malang Post menunjukkan, total rata-rata NUN tertinggi ditempati Kabupaten Malang dengan 29,70 atau rata-rata 7,425 poin. Disusul Kota Malang total rata-rata NUN 29,04 atau rata-rata 7,26 poin. Dan terakhir Kota Batu total NUN 28,34 atau rata-rata hanya 7,085 poin.
‘’Dan tahun ini, dari Malang Raya tidak satu pun siswanya yang maju di peringkat regional Jatim. Diraih Anas Jatikusuma asal Tuban dengan NUN 39,10, kedua Dwi Oktaviana dari Jombang NUN 38,60 dan tiga Fernadi Sutandyo dari Petra 3 Surabaya dengan NUN 38,40,’’ ujar Harun.
Sedang posisi nilai rata-rata tertinggi tiap mata pelajaran Kabupaten Malang Bahasa Indonesia 7,68, Bahasa Inggris 7,43, Matematika 7,11 dan IPA 7,48. Kota Batu Bahasa Indonesia 7,68, Bahasa Inggris 7,03, Matematika 6,51 dan IPA 7,12. Kemudian Kota Malang Bahasa Indonesia 7,7, Bahasa Inggris 727, Matematika 6,84 dan IPA 7,23.
Ditambahkan Harun, sebanyak dua sekolah di Jatim yaitu SMP PGRI Kedewan Bojonegoro dari 9 orang siswa, semuanya tidak lulus. Begitu juga SMP Terbuka Sumenep dari 8 siswa, semuanya juga tidak lulus. ‘’Ke depan sekolah seperti ini pasti akan kita gabungkan. Karena sangat tidak efektif sama sekali,’’ pungkas Harun. (has/avi)
sumber : http://www.malang-post.com

19 Mei 2011

Jadwal PSB Online 2011 Kota Malang

Jadwal Penerimaan Siswa Baru (PSB) jalur online tahun pelajaran 2011-2012 telah ter jadwal sbb:


I. JALUR ONLINE
A. SMPN
1. Waktu pendaftaran dimulai tanggal 22 s.d 24 Juni 2011 pukul 08.00 s.d. pukul 14.00 WIB
2. Pengumuman hasil seleksi tanggal 25 Juni 2011 pukul 10.00 WIB
3. Daftar Ulang bagi yang diterima pada tanggal 25 Juni s.d. 28 Juni 2011 mulai pukul 08.00 s.d. pukul 14.00 WIB , di sekolah tempat siswa diterima.

B. SMAN

1. Waktu pendaftaran dimulai tanggal 20 s.d 22 Juni 2011 pukul 08.00 s.d. pukul 14.00 WIB
2. Pengumuman hasil seleksi tanggal 23 Juni 2011 pukul 10.00 WIB
3. Daftar Ulang bagi yang diterima pada tanggal 23, 24 dan 25 Juni 2011 mulai pukul 08.00 s.d. pukul 14.00 WIB di sekolah tempat siswa di terima diterima.

C. SMKN
1. Waktu pendaftaran dimulai tanggal 20 s.d 22 Juni 2011 pukul 08.00 s.d. pukul 14.00 WIB
2. Pengumuman hasil seleksi tanggal 23 Juni 2011 pukul 10.00 WIB
3. Daftar Ulang bagi yang diterima pada tanggal 23, 24 dan 25 Juni 2011 mulai pukul 08.00 s.d. pukul 14.00 di sekolah tempat siswa diterima.

II. JALUR MANDIRI
A. SMP
a.Waktu pendaftaran dimulai tanggal 30 Juni 2011 dan 1 Juli 2011 pukul 08.00 s.d. pukul 14.00 WIB;
b. Tes tanggal 4 dan 5 Juli 2011
c. Pengumuman hasil seleksi tanggal 7 Juli 2011 pukul 10.00 WIB ;
d. Daftar Ulang bagi yang diterima pada tanggal 7 Juli s.d. 9 Juli 2011 mulai pukul 08.00 s.d. pukul 14.00 WIB di sekolah tempat siswa diterima ;

B. SMA
a. Waktu pendaftaran dimulai tanggal 30 Juni 2011 dan 1 Juli 2011 pukul 08.00 s.d. pukul 14.00 WIB;
b. Tes tanggal 4 dan 5 Juli 2011
c. Pengumuman hasil seleksi tanggal 7 Juli 2011 pukul 10.00 WIB ;
d. Daftar Ulang bagi yang diterima pada tanggal 7 Juli s.d. 9 Juli 2011 mulai pukul 08.00 s.d. pukul 14.00 WIB di sekolah tempat siswa diterima.

C. SMK
a. Waktu pendaftaran dimulai tanggal 6 Juni 2011 s.d pagu terpenuhi pukul 08.00 s.d. pukul 14.00 WIB;
b. Tes dilaksanakan pada waktu pendaftaran
c. Pengumuman hasil seleksi sehari setelah pelaksanaan tes ;
d. Daftar Ulang bagi yang diterima setelah hasil seleksi diumumkan mulai pukul 08.00 s.d. pukul 14.00 WIB di sekolah tempat siswa diterima diterima

SISWA DITERIMA TAHUN KEMARIN 2010










































HASIL AKHIR PSB/PPDB SMPN 2011 KLIK DISINI


INFORMASI PPDB TAHUN  2012 BACA DISINI

05 Mei 2011

Memalukan Studi ke Australia

ya ALLAH kok begini ya bangsaku, rasanya lebih baik mati saja bila wakil rakyat yang merupakan orang-orang pilihan ternyata seperti ini, kayaknya tidak bisa komentar panjang deh. Kunjungan komisi8 tersebut dilakukan pada 28 april 2011 untuk studi penanganan fakir miskin.

Tehnologi sudah seperti ini ternyata email saja TIDAK NGERTI
Pingin lihat sendiri KLIK SAJA DISINI
Silahkan komentar sendiri, sama lihat maket gedung itu, wes gitu aja

07 Maret 2011

Merubah Email Yahoo Clasic ke BETA

Bagi anda yang menggunakan email yahoo, suatu kerugian bila hanya untuk kirim surat atau file saja, karena yahoo menyediakan banyak fitur pada aplications, disini anda bisa menyimpan data pada folder my drive,menyimpan foto pada folder my photos dan masih banyak lagi.

Yang masih menggunakan mail clasic anda ubah dulu ke BETA, dengan cara :
1. login dahulu ke email yahoo
2. Buka web baru ctrl T atau ctrl N
3. klik alamat berikut http://us.mg2.mail.yahoo.com/dc/launch?sysreq=ignore
4. Nah anda sudah bisa menikmati email BETA yahoo
Terutama bagi bapak ibu guru yang pusing mikir bagaimana menyimpan data yang aman, selain di komputer maupun flasdisk, jadi tidak ada salahnya juga menitipkan di email kita.

04 Maret 2011

Error Imageshack

Bagi para blogger yang mengganti template, ternyata belum tentu nyaman, karena template yang kita gunakan ada yang menggunakan sebagian gambarnya di imageshack

Apa yang terjadi adalah blog kita muncul gambar kodok dengan peringatan Unregistered domain. Go to http://imageshack.us to register“. untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mendaftarkan blog atau alamat URL di SINI
Anda isi your name, alamat e-mail.
Prefix all domains with http://
anda tuliskan alamat domain dan bisa lebih dari satu, tunggu beberapa saat setelah dikonfirmasi, maka mudah mudahan gangguan kodok tidak muncul lagi, silahkan di coba
Disadur dari http://oziesegeran.blogspot.com

02 Maret 2011

Arema Kalah 1-2 vs Cerezo Osaka di Liga Champion Asia (LCA)

Bermain dengan suhu dingin membuat tim Singo Edan harus menggunakan kaos tangan, dimana udara mencapa 2 derajat celsius, penampilan Along dkk tidak mengecewakan, bisa mengimbangi permainan lawan, bahkan bila Along bisa menyelesaikan bola dengan cepat, maka bisa dimungkinkan kedudukan 2-2.

Tidak masalah karena kita masih punya laga Home di Kanjuruan tanggal 3 mei mendatang.